ANALISA RESIKO

Analisa risiko dalam rangka akseptasi Surety Bond/Kontra Garansi Bank, dilakukan dengan menganalisa 5 aspek (5 C) yang terkait dengan calon Principal, yaitu:

1. Character (Karakter)

Berkaitan dengan kejujuran, integritas, dan reputasi calon Principal.

2. Capacity (Kapasitas)

Berkaitan dengan kemampuan perusahaan untuk dapat menyelesaikan pekerjaannya. Analisa dilakukan dengan cara meneliti kemampuan tenaga teknis yang dimiliki Principal, persediaan peralatan dan fasilitas yang mendukung pelaksanaan pekerjaan, pengalaman kerja dari Principal, kemampuan administrasi, dan rutinitas untuk mendapatkan pekerjaan.

3. Capital (Modal)

Berkaitan dengan kemampuan Principal untuk menyelesaikan pekerjaannya ditinjau dari aspek keuangan yang meliputi kepemilikan modal kerja serta kinerja keuangan perusahaan, dianalisa melalui laporan keuangan dan rekening koran Principal. Dan jika diperlukan meminta referensi dari pihak bank yang terkait.

4. Condition

Berkaitan dengan faktor-faktor, baik eksternal maupun internal dari Principal yang dapat mempengaruhi progres pelaksanaan proyek, misalnya: kondisi alam, geografis, kebijakan moneter, inflasi, supply barang, dan lain-lain

5. Collateral

Aspek ini diperlukan terutama bila berdasarkan analisa dan penelitian atas 4 aspek diatas, underwriter tidak memperoleh keyakinan terhadap tingkat keberhasilan Principal dalam menyelesaikan pekerjaannya

6. Country Risk

Kondisi politik dan keamanan di negara / daerah dimana proyek dilaksanakan.

7. Culture

Kondisi budaya, kebiasaan dan adat istiadat di negara / daerah dimana proyek dilaksanakan

+ sudah dibaca 2435 kali
More in this category:« PROSEDUR